5 Spot Traveling & Hunting Foto Seru ke Minangkabau

Minggu, 26 Jan 2020Ari Amphibia

Spot-spot hunting foto dan traveling yang menarik saat menjelajah Sumatera Barat. Dari memotret balap sapi sampai menikmati landmark di Bukittinggi.

Bagi Sobat Pesona yang traveler sekaligus photo hunter, ada banyak spot menarik yang bisa didatangi Padang, Sumatera Barat, ini. Tidak cuma landscape-nya yang cantik, Tanah Minang ini juga memiliki aktivitas budaya yang bisa diabadikan. Mau tahu apa saja yang menarik buat saya? Inilah pilihan spot dan budaya untuk diburu fotonya kalau pergi ke Padang.

1. Pacu Jawi
Jika di Madura ada Karapan Sapi, maka di Sumatera Barat ada Pacu Jawi alias balapan sapi. Pacu Jawi diadakan di persawahan yang tergenang air. Tidak heran jika joki Pacu Jawi berlumuran lumpur di sekujur tubuhnya.

Pacu jawi biasanya dilaksanakan saban hari Sabtu dan Minggu. Untuk melihat kegiatan ini kita bisa bermalam di Kota Batusangkar, ibukota Kabupaten Tanah Datar. Dari kota itu kita bisa menyewa mobil menuju ke lokasi Pacu Jawi.

2. Jam Gadang
Ini adalah landmark terpopuler di Bukittinggi, Padang. Kita bisa mengabadikan spot ini baik siang atau pun malam hari. Saat malam, Jam Gadang akan disinari beragam lampu warna-warni yang cantik.  Saat malam, landmark cantik ini menjadi lebih bercahaya plus ada air mancur menari, sehingga menjadi pusat hiburan bagi warga Bukittinggi dan wisatawan yang datang.

Berjalan kaki sekitar 200 meter dari Jam Gadang, kita akan ditemui banyak sekali pedagang yang menjual beragam makanan lokal atau jajanan khas Indonesia. Jangan lupa mencicipi Teh Talua, minuman teh yang dicampur dengan telur ayam atau telur itik. Jangan takut, minuman ini nggak amis kok. Warnanya kecokelatan, pekat, tapi enak.

3. Tabiang Takuruang
Tabiang Takuruang merupakan salah satu ikon Ngarai Sianok yang paling dikenal. Keindahannya, menjadi salah objek yang digemari para pelancong dan fotografer. Tebing ini punya ketinggian sekitar 100 meter dengan bentuk memanjang itu berubah menyerupai bentuk kerucut atau meruncing dengan menyisakan satu pohon di puncaknya. Buat yang hobi mengabadikan landscape, ya, wajib memotret di sini.

4. Ngarai Sianok
Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam atau jurang yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi. Di sini, kita bisa melihat keindahan lembah sempit yang dikelilingi oleh bukit-bukit bertebing curam dan dihiasi dengan aliran sungai kecil di tengahnya.

Ngarai Sianok memiliki kedalaman jurang sekitar 100 m yang membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m, merupakan bagian dari patahan yang memisahkan Pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang (patahan Semangko). Patahan ini lalu membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau.

5. Pacu Itiak
Olahraga tradisional asli Kabupaten Limapuluh Kota ini konon sudah ada sejak 1028. Berawal dari kebiasaan petani dalam mengembala itik dengan menghalaunya hingga terbang. Para petani mulai melatih itik mereka untuk dapat terbang tinggi, kemudian diikutsertakan dalam ajang lomba Pacu Itiak.

Setelah itik siap dilatih berbulan-bulan, warga akan mengadakan baralek atau pesta Pacu Itiak. Di sanalah ajang menunjukkan kehebatan itik masing-masing. Berbagai kategori lomba diadakan di sini, mulai jarak terbang 800 meter, 1000 meter, 1200, meter, 1400 meter, hingga 1600 meter yang mereka sebut boko.

 

https://pesona.travel/keajaiban/4931/5-spot-traveling-hunting-foto-seru-ke-minangkabau

Tags

Fuji X-SeriesLembahPadangPesona IndonesiaSpot Foto