Filter Haida Review

Kamis, 28 Des 2017Ari Amphibia

Landscape photography adalah passion saya selama ini. Perlengkapan bantu khusus seperti tripod, shutter release dan filter amatlah saya butuhkan. Khusus filter, setelah setahun lebih saya menggunakan filter Haida, saya merasa mendapatkan beberapa hal penting yang tidak saya dapatkan di filter sebelumnya yang sudah tahunan saya gunakan.

Pertama, larinya warna/ color cast problem tidak saya temui di brand ini. Naturalitas warna tetap terjaga dibandingkan dengan brand yang saya gunakan sebelumnya, khususnya untuk tipe filter Neutral Density (ND). Selain itu, pilihan ND filter pun beragam dari mulai 3 stop, 6 stop, 10 stop, 12 stop, bahkan 15 stop, yang memungkinkan saya untuk melakukan sesi pemotretan lebih lama. Dari saat matahari terbit, siang sampai matahari terbenam di sore hari. Atau sesuai kebutuhan dan sesuai dengan keinginan saya untuk membuat gambar seperti apa yang saya inginkan Nano coating di ND filter versi 2016 membuat filter ini makin mudah untuk dibersihkan dan mengurangi efek glare dan pantulan/ low reflection effect. Hal ini bisa kita bila ND filter sengaja kita pecahkan… wow!

Kedua, gradasi di tipe filter Gradual Neutral Density (GND) sangtlah halus. Tidak terlalu kontras, sehingga memperluas area pemilihan foreground agar lebih terang dengan memainkan posisi filter ke atas atau ke bawah. Perpindahan area gelap terang atau gradasi dari gelap ke terang tersebut mungkin dapat diumpamakan dengan 100%-75%-50%-25%-0. GND versi 2016 bahkan sudah dibekali dengan double coating sehingga terjadinya efek pantulan kecil sekali/ low reflection effect.

Ketiga, pemakaian material kaca Schott Jerman sebagai bahan dasar filter membuat Haida filter sangat mudah dalam perawatan dibanding filter berbahan dasar resin.

Keempat, pilihan jenis dan tipe Haida sangatlah banyak. Haida mungkin satu-satunya produsen filter yang mempunyai line up produk terlengkap, seperti filter 100 series (untuk lensa kamera DSLR dan mirrorless), 150 series (untuk lensa kamera DSLR yang mempunyai spesifikasi ukuran khusus dan lensa-lensa large/medium format), dan di versi 2016 ini Haida pun mengeluarkan filter 75 series khusus kamera mirrorless APSC dan lensa-lensa mirrorless tertentu. Di samping itu, mereka pun me-release filter khusus untuk movie/video.

Tiap system dari Haida filter mengeluarkan tiga tipe filter, yaitu CPoL (Circular Polarizing), ND (Neutral Density), termasuk GND (Gradual Neutral Density), termasuk GND reverse. Haida patut disebut sebagai produsen filter terlengkap karena tidak ketinggalan untuk memproduksi sebuah filter yang hampir jarang diproduksi oleh filter merek manapun, yaitu filter IR (infrared). Filter ini banyak dikhususkan untuk para penghobi atau kalangan professional yang menyukai genre foto hitam-putih/ BW. Salah satu alasan yang tepat untuk menggunakan filter IR ini untuk membuat foto hitam-putih adalah bahwa filter ini diproduksi dengan cut off spectrum 720, yang mampu menahan kelebihan cahaya pada langit dan mereduksinya sehingga mampu membuat foto menjadi lebih dramatis.

Kelima, dan yang terpenting, adalah factor ekonomis, yaitu harga. Harga filter Haida, menurut saya, cukup kompetitif dibanding harga filter saya sebelumnya. Harga terjangkau dan kualitas yang mumpuni ini mungkin didukung oleh sarana pabrik yang dimiliki sendiri oleh Haida, yang berlokasi di daerah industry Ningbo, Tiongkok. Saya sendiri sudah dua kali diberi kesempatan untuk mengunjungi dan menyaksikan proses pembuatan filter di pabrik tersebut. Mungkin ini dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk memutuskan membeli suatu brand. Namun, sebaiknya kita menggali informasi yang lebih banyak dari berbagai sumber, sebelum memeutuskan untuk membelinya.  

Tags

Circular PolarizingColor CastFilterFuji X-SeriesGFXHaidaNeutral DensityNingboReviewSchott