Membidik Keindahan Alam di Kota Anging Mammiri

Minggu, 26 Jan 2020Ari Amphibia

Jalan-jalan ke Makassar jangan hanya keliling cari kuliner enak. Keliling juga untuk melihat keindahan alam di sana. Dari Pantai Layar Putih sampai Raman-ramang.

Mendengar nama kota Makassar, buat Sobat Pesona pencinta pemandangan atau pencinta fotografi landscape, bisa jadi enggak terpikirkan spot mana yang mau didatangi. Maklum, Makassar lebih dikenal sebagai tujuan melancong perkotaan dan kuliner, bukan melancong untuk alam.

Tapi jangan salah. Sebenarnya ada, kok, spot untuk menikmati alam di Makassar. Bahkan tidak perlu ke Tanjung Bira yang harus ditempuh sekitar 5-6 jam. Buat saya, Makassar menyimpan keindahan untuk saya abadikan di kamera. Dan ini beberapa spot wisata yang saya rekomendasikan untuk Sobat Pesona .

1. Pantai Layar Putih
Pantai Layar Putih merupakan salah satu spot favorit fotografer, terutama mereka yang ingin mengabadikan landscape Makassar dengan sempurna. Objek utamanya adalah Tugu Layar yang berbentuk seperti kapal. Di sekeliling tugu terdapat bebatuan apik dan juga jalan setapak, namun hanya bisa diakses saat air sedang surut.

Kehadiran ranting dan batang pohon tua di sekitar spot wisata bisa membuat foto lebih cantik. Nikmati keindahan spot ini saat matahari terbenam akan sangat mengasyikkan. Mencapai tempat ini sangat mudah. Kita  hanya perlu meluncur ke Jalan Metro Tanjung,  tepat sebelum Jembatan Barombong.

2. Ramang-ramang
Ramang-ramang adalah gugusan pegunungan kapur terbesar di Indonesia dan kedua terbesar di dunia. Konon, di seluruh dunia hanya tiga tempat yang memiliki gugusan karst seperti di Ramang-Ramang ini. Dua lain nya berada di Cina Selatan dan Vietnam.

Selain keindahan pegunungan batu kapurnya, di tengah pegunungan terdapat sebuah telaga yang disebut dengan Telaga Bidadari yang menjadi tempat berkumpulnya air pegunungan. Untuk dapat menjelajahi Ramang-ramang, kita memang harus menyewa perahu tersebut untuk menyusuri sungai yang bernama Sungai Puthe. Hamparan tebing-tebing karst yang megah dengan ukuran beraneka ragam, dari yang kecil sampai sangat besar.

3. Mesjid Seribu Kubah
Masjid 99 Kubah Makassar menjadi ikon baru Sulawesi Selatan. Masjid 99 kubah yang didesain Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dibangun di lokasi reklamasi Pantai Losari atau yang disebut kawasan Center Poin of Indonesia (CPI).

Puluhan kubah kecil mengitari kubah utama dengan diameter paling besar yang berpusat di tengah bangunan masjid. Warna-warna menyala macam kuning, merah, cokelat dan putih berkelindan di kubah dan tubuh masjid cantik ini. Saat malam menyergap, aneka warna tersebut kian hidup tatkala lampu sorot ditembakkan tepat ke arah kubah-kubahnya nan menawan. Para pengunjung juga akan dimanjakan dengan atraksi air mancur yang terletak di depan masjid dan akan muncul selama 30 menit selepas Magrib.

Nah, jadi jangan ragu untuk membawa kamera Sobat Pesona saat ke Makassar untuk berburu spot foto untuk lanscape. Banyak spot wisata alam yang cantik untuk diabadikan. Di sela-sela wisata kota dan kuliner, kita tetap bisa menikmati indahnya alam Kota Anging Mammiri ini.

 

https://pesona.travel/keajaiban/4449/membidik-keindahan-alam-di-kota-anging-mammiri

Tags

Fuji X-SeriesKota Angin MammiriMakkasar