Pesona Jajaran Karang Tajam Eksotis di Kelumbayan Lampung

Minggu, 26 Jan 2020Ari Amphibia

Menikmati matahari terbit hingga terbenam di pantai berbatu yang dihiasi dengan “gigi-gigi hiu” yang menjulang kokoh, meski dihantam deburan ombak. Camping di sini adalah pengalaman penuh sensasi.

Jajaran karang-karang di pantai yang menyerupai gigi-gigi tajam menyeruak di antara debur ombak laut. Ketika berpadu dengan matahari yang terbenam, mata saya terpukau. Pikiran di kepala saya mendadak tenang dan hanyut ke suasana. Debur ombak, bata karang eksotis, dan matahari terbenam membuat semuanya terasa menenangkan.

Pantai di Lampung ini memang tidak membosankan untuk didatangi. Namanya adalah Pantai Pegadungan. Beberapa traveler menyebutnya Pantai Gigi Hiu, tapi masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Pantai Batu Layar. Mungkin karena mirip dengan layar kapal yang terkembang.

Lupakan taburan pasir putih dan halus seperti yang biasa kita temukan di pantai lain. Di sini tidak ada itu karena Pantai Gigi Hiu akan menyambut Sobat Pesona dengan hamparan bebatuan artistik yang tersebar secara alami di sepanjang pesisirnya. Paling pas datang menjelang sunrise ataupun sunset karena jatuhnya mentari yang menyirami deretan karang itu membuat semuanya terlihat cantik untuk dipotret. Belum lagi warna-warni langit yang menjadi latar.

Saya sendiri saat ke sana selalu membuka tenda. Ya, saya camping karena saya ingin menikmati semua kecantikan di pantai ini, dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Saat malam saya juga memotret pantai ini dengan keelokan bintang dan milky way. Bayangkan, camping di pantai yang eksotis? Seru, kan!

Namun, Pantai Gigi Hiu belum dilengkapi dengan fasilitas penunjang pariwisata seperti penginapan ataupun restoran. Jangan berharap untuk menemukan penginapan sekelas hotel berbintang karena penginapan yang ditawarkan di sekitar Pantai Gigi Hiu. Semua masih berbentuk rumah warga yang disewakan (homestay) yang berada di Teluk Kiluan. Biar nyaman, kita bisa ikut open trip yang digelar oleh travel agent agar fasilitas sudah diatur dan disediakan.

Menikmati Pantai Gigi Hiu
Lokasi Pantai Gigi Hiu searah dengan Teluk Kiluan, spot pantai terkenal di Lampung. Jarak Pantai Gigi Hiu dari Teluk Kiluan sekitar lima kilometer. Pastikan kondisi kendaraan saat menuju pantai ini karena kita akan berhadapan dengan sejumlah area jalan yang masih berupa tanah bercampur batu.

Salah satu pilihan jalur menuju ke Pantai Pegadungan adalah melalui Padang Cermin-Bawang-Kampung Kelumbayan. Kampung Kelumbayan merupakan desa terdekat dari Pantai Gigi Hiu. Parkir kendaraan Sobat Pesona di Desa Kelumbayan dan untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Gigi Hiu bisa menggunakan jasa ojek motor yang ditawarkan warga.

Meskipun kelihatannya perjalanannya agak melelahkan, percayalah, semua kelelahan akan terbayarkan oleh keindahan pantai yang mengingatkan kita pada perbukitan eksotis di film Lord of The Rings. Kecantikan ini tidak bisa kita temukan di tempat lain di Indonesia. Hanya ada di Lampung!

 

https://pesona.travel/keajaiban/4562/pesona-jajaran-karang-tajam-eksotis-di-kelumbayan-lampung

Tags

Fuji X-SeriesGigi HiuLampungPantai