Pulau Padar, Spot Foto Lanskap Paling Eksotis

Minggu, 26 Jan 2020Ari Amphibia

Pulau Padar adalah sebuah pulau kosong dan gersang saat musim kemarau yang merupakan bagian dari kawasan Taman nasional Pulau Komodo. Pulau ini tidak berpenghuni dan tidak ada satu bangunan pun di sini. Walaupun kenyataannya Paulau sekarang menjadi primadona.

Kalau ke Pulau Komodo, spot mana yang paling pas untuk mengabadikan target utama landscape (sunrise dan sunset)? Buat saya, Pulau Padar adalah jawaban yang tepat. Memang, banyak spot cantik di kepulauan yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur itu. Namun, dari semua pulau yang ada di kepulauan tempat tinggal kadal raksasa itu, Pulau Padar adalah spot terbaik untuk menikmati keduanya. Paling tidak, itu menurut saya.

Pulau Padar adalah sebuah pulau kosong dan gersang saat musim kemarau yang merupakan bagian dari kawasan Taman nasional Pulau Komodo. Pulau ini tidak berpenghuni dan tidak ada satu bangunan pun di sini. Berkesan pulau yang belum banyak terjamah oleh wisatawan, walaupun kenyataannya sekarang menjadi primadona.

Keindahan dari Puncak Padar

Saat speed boat merapat ke pantainya, yang saya lihat hanya bukit-bukit keras yang menjulang. Dari sini semua masih terlihat sama dengan pulau lain yang ada di kawasan ini. Eits, tapi itu baru tepi pantainya. Naiklah ke puncaknya dan pemandangan akan berubah seketika menakjubkan.

Dari puncak Pulau Padar, kita bisa melihat keindahan kepulauan dengan bukit-bukit menjulang bak seperti berada di film Jurassic Park. Dari puncaknya, kita bisa melihat pulau-pulau yang mengelilingi pulau ini. Di sini juga adalah tempat paling tepat untuk mengabadikan keindahannya pada saat sunrise dan sunset.

Untuk mendaki ke bukitnya, stamina kita harus prima untuk mendaki ratusan anak tangga untuk mencapai puncaknya. Tidak hanya jumlah anak tangga yang banyak, tapi juga beberapa titik agak menantang karena harus melewati bebatuan besar. Tapi kondisi ini masih jauh lebih baik dari sebelumnya, ketika anak tangga belum dibangun. Jalannya jauh lebih terjal dan curam.

Ada beberapa spot memotret di sini. Spot ber-selfie pun banyak. Dengan latar belakang pulau-pulau, foto selfie pun jadi berbeda. Semakin tinggi kita mendaki, pemandangan semakin terlihat luas. Bebatuan di sana bisa dimanfaatkan sebagai foreground yang cantik buat foto kita. 

Menuju ke Padar

Pulau Padar letaknya cukup jauh dari pelabuhan di kota Labuan Bajo karena merupakan salah satu pulau di gugusan terluar. Perjalanan yang ditempuh akan memakan waktu sekitar 3,5 jam, tapi dijamin tidak akan bosan sebab pemandangan pulau-pulau dan laut biru di sepanjang perjalanannya akan selalu memanjakan mata.

Jika ingin trekking, sebaiknya dilakukan pada jam 07.00-09.00 pagi, karena jalur jalurnya panjang sekaligus menantang. Meskipun awalnya bersusah-susah namun percayalah ketika sampai di puncak kelelahan akan berubah menjadi suatu yang menyenangkan.

 

https://pesona.travel/keajaiban/4325/pulau-padar-spot-foto-lanskap-paling-eksotis

Tags

Fuji X-SeriesPadarPulauPulau Padar