Spot Landscape Indah di Sepanjang Sumba

Sabtu, 25 Jan 2020Ari Amphibia

Setiap kabupaten di Pulau Sumba memiliki keindahan masing-masing. Bagi saya, Pulau Sumba adalah satu untaian permata di timur Indonesia yang tidak boleh dilewatkan pesonanya.

Pulau Sumba adalah sebuah pulau di Nusa tenggara Timur yang terdiri dari empat kabupaten: Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur. Kota terbesarnya adalah Waingapu yang juga menjadi ibu kota Kabupaten Sumba Timur.

Di Waingapu terdapat bandar udara dan pelabuhan laut yang menghubungkan Pulau Sumba dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia seperti Pulau Sumbawa, Pulau Flores, dan Pulau Timor. Selain Waingapu, Tambolaka di Kabupaten Sumba Barat Daya juga mempunyai bandar udara yang melayani penerbangan dari dan ke Denpasar maupun Kupang.

Menikmati Alam yang Menakjubkan

Apa yang tersirat dari Sumba buat Sobat Pesona? Gersang? Membosankan? Ah, buat saya malah kebalikannya. Sumba buat saya adalah tempat di mana saya bisa merasakan dan menikmati keindahan alam yang secantik-cantiknya.

Untuk menjelajah Pulau Sumba yang cantik ini, lebih baik dimulai dari Sumba Barat Daya dengan penerbangan yg mendarat di Bandara Tambolaka via Denpasar dan pulang melalui Bandara Waingapu di Sumba Timur. Di Sumba Barat Baya kita bisa  meyinggahi beberapa spot menarik seperti Pantai Mbawana, Pantai Watu Malandong, dan beberapa  lokasi air terjun, di antaranya Air Terjun Lapopu, Bokota Katura, Bendungan Waikelo Sawah atau ke Danau Weekuri.

Setelah puas menikmati suguhan alam Sumba Barat dan Sumba Barat Daya, perjalanan dilanjutkan ke kabupaten Sumba Timur melalui jalan darat selama kurang lebih tiga jam perjalanan melalui jalan aspal berkelok yang relatif mulus. Selama perjalanan, sabana yang menghampar luas dengan kuda Sumba dan ternak lain menyegarkan pandangan mata saya. Hewan-hewan yang berkeliaran itu menjadi satu pemandangan unik tersendiri.

Lokasi pertama yang disinggahi setelah tiba di wilayah Sumba Timur adalah Bukit Wairinding. Bukit laksana permadani alam di mana pada saat musim kering rumputnya didominasi warna kuning kecoklatan ini di kala musim hujan berubah menjadi hijau.  Buat saya, saat yang tepat mengunjungi bukit ini adalah saat menjelang sunset.

Selain Bukit Wairinding, ada beberapa bukit menarik antara lain Bukit Tenau dan Bukit Persaudaraan. Lokasi yang saat ini sedang viral dan menjadi hits di Sumba Timur adalah Pantai Walakiri. Berjarak hanya sekitar 30 menit dari kota Waingapu, lokasi ini dapat menjadi tempat asik buat teman teman yang ingin menikmati sunrise maupun sunset.

Pantai pantai lain di wilayah Sumba Timur pun tidak kalah cantiknya. Salah satunya  adalah Pantai Watu Parunnu. Batu karang Bolong yg menjadi ikon pantai tersebut serta aktivitas keseharian nelayan dan petani rumput laut tradisional di sana dapat menjadi cerita tersendiri dalam foto yang kita abadikan.

Air Terjun Tanggedu juga menjadi salah satu lokasi yang banyak diminati wisatawan saat berkunjung ke kabupaten ini. Airnya yang hijau tosca juga jernih membuat pengunjung tak dapat menahan diri untuk mandi atau sekedar berendam sembari menikmati sajian kelapa muda yang sesekali ditawarkan penduduk lokal di sana. 

 

https://pesona.travel/keajaiban/4102/spot-landscape-indah-di-sepanjang-sumba

Tags