X-A5, Kamera Entry Level Yang Lebay!

Jumat, 30 Mar 2018Ari Amphibia

Fujifilm baru baru ini merilis kamera Entry Level terbarunya yaitu Fujifilm X-A5 sebagai penerus generasi sebelumnya yaitu X-A1, X-A2, dan X-A3. Berbekal Sensor APSC Cmos Bayer 24 megapixels, kamera yang biasanya sering dipakai teman teman yang rajin selfie an sekarang gak lagi sekedar kamera yang modis aja. Karena ada beberapa fitur baru yang bikin hati penasaran.

Lima hari sebelum peluncuran perdana di market, aku menerima dan berkesempatan mencoba kamera fancy ini lengkap dengan lens kit power zoom terbaru Fujinon XC 15-45mm untuk digunakan dalam aktifitas memotret sesuai passionku yaitu Landscape, Travel, Street dan Portrait. Dengan harapan pada saat Launching nanti, aku dapat menjadi salah satu speaker dan berbicara kepada teman teman lainnya mengenai pengalaman menggunakan kamera ini, okay no problemo!!

Setelah unboxing, membaca manual book dan mempelajari menu menu di kamera ini, ternyata ada beberapa fitur yg mungkin sama sekali tergolong baru bahkan untuk semua line up kamera X series. Fitur seperti Time Lapse di kamera dengan output video 4K, multifocus 4K yang memungkinkan pemilihan area focus setelah pemotretan, serta fitur HDR on camera dimana kamera mengambil beberapa frame dengan eksposure maksimal +/- 3 stop kemudian menggabung dan menjadikannya 1 frame dengan hasil Jpeg SOOC (Straight Out Of camera), juga fitur baru di lensa kit  power zoomnya  yang memiliki kemampuan close focus dengan jarak 5 cm dari bibir lensa. Mungkin fitur fitur seperti itu bukanlah hal baru di brand kamera lainnya, tapi di kamera entry level dengan harga 9 juta plus lensa, ini merupakan hal yang menarik untuk di coba.

Hari pertama dan kedua, antusiasku untuk mencoba Fitur Time Lapse gak tertahan lagi. Aku mencobanya di 3 tempat..Bundaran HI, Monas dan Pantai Tanjung Pasir. Hasil video 4K yang langsung dihasilkan kamera membuatku kagum. Begitupun dengan fitur multiple focus dan HDR on camera. Silahkan klik tautan dibawah ini : 

https://www.instagram.com/p/BfawnnHBeiM/?taken-by=ariamphibia

Hari ke tiga, sekali lagi aku terkesima mencoba fitur close focus di lensa kitnya. Foto dibawah ini menunjukkan lens kit 15-45 mm sanggup untuk focus ke object dengan jarak +/- 5 cm dari bibir lensa.  Sunrise yang indah di kawasan Tanjung Pasir belakang bandara Soekarno Hatta menjadi pilihan spotku pagi itu . Filter Haida Gradual ND reverse 0.9 pun ku selipkan demi mengurangi eksposure di bagian highlite pada horizon langit. Nampak kulit kerang yang kecil mungil terlihat seolah olah besaaar karena dekatnya jarak pengambilan foto.

Kemudian fitur yang cukup menggelitik keingin tahuanku adalah fitur HDR di kamera, fitur yang bisa dipilih pada tombol drive ini memungkinkan kamera untuk mengambil beberapa frame dengan   pilihan eksposure mulai dari +/- 1 stop sampai +/- 3 stop sehingga menghasilkan gambar yang high dynamic range.

Satu lagi fitur yang tergolong baru adalah fitur 4K Multifocus. Kamera dapat menentukan titik focus yang diinginkan setelah pengambilan fofo...hmmmmm

 

Setelah kamera ini resmi launching di market pada tanggal 24 Februari 2018, kembali aku penasaran untuk mencoba performa kamera ini bila diajak traveling. India, tujuanku saat itu. Dan berikut hasil foto selama traveling disana...

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Woow...ternyata X-A5 nyaman banget diajak traveling, bentuk fisiknya yang kecil, ringan dan modis tidaklah terlalu mengintimidasi orang saat aku mengambil gambar. Layar touch screennya sangat membantu saat menentukan pemilihan area titik focus. Begitu juga dengan LCD tilt nya memudahkan pengambilan gambar pada beberapa sudut sulit dan menggoda kita selalu ingin selfie dan welfie an, hahaha. Ketahanan batere yang lebih awet daripada seri sebelumnya layak juga di apresiasi....

So sampailah aku pada kesimpulan dari performa kamera X-A5 ini, berikut beberapa point kelebihan dibanding pendahulunya...

  •  Sensor 24 megapixel bayer cmos
  •  Selfie LCD screen
  •  Fasilitas microphone jack 2.5mm
  •  Lensa terbaru 15-45mm lebih compact dengan fasilitas close focus macro jarak 5cm dari lensa
  •  Kecepatan Autofokus meningkat 
  •  Kualitas foto meningkat, skintone lebih smooth dan warna lebih natural
  •  Fitur Timelapse dengan output video 4K
  •  Video stabilizer lebih meningkat 
  •  Fitur Auto HDR di kamera (3 stop)
  •  Exposure compensation +/- 5ev
  •  Fitur 4K burst 
  •  Fitur 4K multifocus
  •  Baterai bisa bertahan hingga 450shot dengan new power management system
  •  Slow motion video 100p HD

Buat kamera entry level harga 9 juta plus lensa? ...WORTHED!

Tags

Fuji X-SeriesIndiaLong ExposureReviewXA5XC1545mm